Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

Makalah BING

Mesin Pencari


SUHARDIMAN (1229542018)
PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2012 

KATA PENGANTAR 

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya pada seluruh umat, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini. 
Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memahami tentang pentingnya pengenalan search engine di era globalisasi saat ini, dan masyarakat megetahui layanan yang disediakan pada search engine sehingga mereka mudah mencari berbagai informasi didalamnya.
Dalam penyusunan makalah ini saya menemui hambatan, namun berkat kerja keras akhirnya saya dapat menyelesaikan makalah ini tepat dengan waktunya.
Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan makalah ini. Namun saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, hal ini dikarenakan saya masih dalam taraf belajar, untuk itu saya mengharapkan saran dan tanggapan agar saya dapat menyempurnakan makalah berikutnya.
Saya berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya dan para pembaca.

Parangtambung, Oktober 2012



                                Penulis





BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live search, Windows Live Search, dan MSN search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :

1.      Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2.      Images untuk pencarian gambar.
3.      News untuk pencarian berita.
4.      xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

1.2 Sejarah Bing

Bing ini diresmikan oleh Steve Ballmer CEO Microsoft pada tanggal 28 mei 2009. Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail

1.3 Tujuan

Tujuan dari search engine ini (Bing) adalah untuk memudahkan masyarakat secara luas mengetahui tentang segala informasi di era globalisasi saat ini. Sehingga mereka dapat memperbaharui informasi yang sedang berkembang saat ini. Dan dapat memajukan perkembangan suatu negara secara luas.



BAB II

ISI

2.1 Fitur

Bing diharapkan dapat mampu menjadi mesin pencari yang paling dapat diandalkan dalam mencari beragam informasi, sehingga dapat menggeser dominasi Google Search. Harapan tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur yang dibangun dalam Bing. Beberapa fitur yang menjadikan Bing diprediksikan mampu menggeser keberadaan Google search, antara lain :

1.      Best Match

 

 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang sesuai disertai pula dengan link situs yang mirip.
2.      Interface Features


Fitur Interface ini menampilkan gambar background yang akan terus mengalami perubahan setiap harinya
3.      Media Features


Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari gambar-gambar dan video yang diinginkan.
4.      Instant Answer


Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat. Bing juga dapat berfungsi sebagai kalkulator yang berfungsi sebagai mesin penghitung. Fitur ini pun juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui harga saham, harga tiket pesawat, jadwal penerbangan, pengiriman barang melalui kapal oleh perusahaan tertentu, informasi lalu lintas, review restoran, kamus, dan sebagainya.
5.      Bing Maps


Fitur Maps dalam Bing merupakan virtual earth, artinya fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengetahui lokasi berbagai daerah dari berbagai negara di dunia. Selain itu, fitur ini juga dapat berfungsi sebagai petunjuk jalan ketika sedang melakukan perjalan ke luar kota maupun ke luar negeri.
6.      Bing Travel

Fitur ini menampilkan rencana anggaran untuk melakukan perjalanan mulai dari transportasi, hotel, sewa mobil, dan lain sebagainya.
2.2             Kelebihan
Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Bing antara lain :
·         Gambar latar belakang yang variatif
Ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background yang digunakan pun akan berganti-ganti.
·         Fasilitas Instant Answer
Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memeberikan jawaban. Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh Bing adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan samapai ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.
·         Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail
Apabila pengguna melakukan pencaharian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
·         Kotak detail pada link hasil pencarian
Pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
·         Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif
Bing Maps ini mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna juga dapat mengubah penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan. Bing Maps pun dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga dimensi.
·         Fasilitas Related Searches
Pengguna juga akan menemukan pula beragam pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches. Tujuan fitur ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan.
·         Fasilitas Smart Video preview
Microsoft selaku pengembang situs ini menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.

2.3             Cara Kerja Mesin Pencari

Mesin pencari web seperti bing bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawlerbrowser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Bing, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.
Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.

2.4             Contoh  Search  Engine Terbaik
Secara garis besar, search engine dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu: individual search engine dan meta search engine. Sistem kerja Individual Search Engine adalah dengan cara mengumpulkan data dari web kemudian menampilkan hasil temuan tersebut berdasarkan indeks pada basis data secara individu (sendiri). Beberapa contoh search engine dalam kelompok ini yaitu:
  1.       Google (www.google.com)
  2.       Yahoo (www.yahoo.com)
  3.       Msn (www.msn.com)
  4.       Bing (www.bing.com)
  5.       Altavista (www.altavista.com)
2.5 Layanan  Bing
  1. Size ( small, medium,large, wallpaper)
  2. layout ( square, wide, tall )
  3. colour ( full colour, black & white )
  4. style ( photograph, illustration )
  5. people ( just faces, head &shoulders )


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Search engine disebut juga dengan mesin pencari,dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data.  Bing merupakan search engine yang berawal dari Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search yang dibuat oleh perusahaan Microsoft.
3.2 Saran
Hati-hati jika searching di Internet untuk mencari informasi, karena beberapa halaman web sering memberikan informasi yang sangat berbahaya. Sebagai contoh, ketika mencari informasi dengan beberapa kata kunci “crack” atau “serial number” maka Anda akan di-link ke beberapa halaman web komersial atau bahkan web yang berisi jutaan virus. Ketika sedang browsing di Internet dan tiba - tiba muncul sebuah pesan peringatan bahwa komputer Anda sudah terinfeksi sebuah virus dan harus segera dihapus, kemudian disuruh mengklik pesan untuk mendownload antivirusnya. Bisa jadi pesan tersebut itulah yang akan menginfeksi komputer Anda.
Agar lebih aman dalam mencari informasi di Internet, usahakan membentengi komputer dengan program antivirus yang sudah teruji performanya.




DAFTAR PUSTAKA

  • Enterprise, Jubilee. 2009. Teknik Mencari Apa Pun dengan Bing. PT. Elex Media Komputindo : Jakarta
  • Valencia, Carla. 2009. Communication Technology Development. Depok
  • www.bing.com
  • www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar